Guest Counter

Sabtu, 02 Januari 2010

Peresmian Aula Simfonia Jakarta (Jakarta Symphony Hall) : 15 Oktober 2009


Aula Simfonia Jakarta - Indonesia akhirnya boleh berbangga hati lantaran telah berdiri sebuah aula konser simfonia bernama "Aula Simfonia Jakarta", yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat.



Dirancang dari konsep hingga jadi oleh Dr Stephen Tong yang menjabat sebagai Principal Arsitek, sekaligus perancang akustik aula secara keseluruhan, Aula Simfonia Jakarta ini merupakan aula simfonia terbesar pertama di Indonesia berkapasitas 1.227 kursi penonton atau 1.400 termasuk pemain musik dan artis.

"Dengan adanya aula simfonia ini akan sangat memungkinkan para artis dan pemain musik terkenal baik dari dalam dan luar negeri datang dan mementaskan musik klasik dalam sebuah philharmonic orchestra," terang Dr Stephen Tong dalam acara perkenalan Aula, Kamis (15/10) malam lalu.

Perlu diketahui, sebuah aula simfonia harus memiliki suara akustik yang baik yang bisa didapat dari hasil 'direct sound', 'early reflection sound', dan 'overall reverberation', dengan kualitas kejernihan, kehangatan dan kekuatan suaranya.

Berangkat dari situ, sejak awal Aula Simfonia Jakarta dibangun dengan standar-standar ketat dan bertaraf internasional, baik dari segi suara akustiknya ataupun dari segi kegunaan fungsi aulanya.

Dengan begitu, kini Jakarta resmi memiliki sebuah aula besar untuk menikmati musik klasik dari konser solo, orchestra chamber, instrumen dan korus sampai ke simfonia besar sekaligus.

Murni dibangun dari dana swasra, Aula Simfonia Jakarta dirancang sedemikian rupa sehingga lebih dari 97% dari seluruh tempat duduk dapat melihat dengan jelas semua artis yang sedang mementas di panggung. Sisanya masih tetap melihat secara jelas 70% pandangan ke panggung tanpa mengorbankan kualitas suara akustik.

Dilengkapi sebuah Steinway and Sons Concert Grand Piano (kelas CT) dan sebuah Organ Pipa raksasa, dengan 3.217 pipa-pipa panjang mulai dari 15 cm sampai 4,9 meter dan berbobot lebih dari 10 ton, terdapat pula patung-patung berwarna emas dengan foto-foto para bintang klasik dunia, seperti Mozart, Beethoven, dan Bach menghiasi aula.

"Total ada 38 foto bintang klasik dunia mengelilingi aula," tutup Dr Stephen Tong yang berencana akan mengadakan konser klasik 12 kali dalam setahun di Aula Simfonia Jakarta ini.

sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar